Pengertian Bandwidth, contoh, dan perhitungannya

Assalamu’alaikum wr. wb.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu bandwidth.

Pengertian Bandwidth

Banyak orang awam yang kadang menyamakan arti istilah bandwidth dan data transfer, yang biasa digunakan dalam internet, khususnya pada paket-paket web hosting. Bandwidth sendiri menunjukan volume data yang dapat ditransfer per unit waktu dengan kata lain bandwidth merupakan kecepatan maksimum yang dapat digunakan untuk melakukan transmisi data. Adapun data transfer adalah ukuran lalu lintas data dari website.
Bandwidth (lebarpita) dalam ilmu computer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). Bandwidth juga merupakan besaran yang menunjukan seberapa banyak yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah jaringan. Istilah ini berasal dari bidang teknik listrik, di mana bandwidth yang menunjukan total jarak atau kisaran antara sinyal tertinggi dan terendah pada saluran komunikasi (band).
Dalam dunia web hosting, bandwidth capacity (kapasitas lebarpita) diartikan sebagai nilai maksimum besaran transfer data (tulisan, gambar, video, suara, dan lainnya) yang terjadi antara server hosting dengan komputer klien dalam suatu periode tertentu. Contohnya 5 GB per bulan, yang artinya besaran maksimal transfer data yang bisa dilakukan oleh seluruh klien adalah 5 GB, jika bandwidth habis maka website tidak dapat dibuka sampai dengan bulan baru. Semakin banyak fitur di dalam website seperti gambar, video, suara, dan lainnya, maka semakin banyak bandwidth yang akan terpakai.
Di dalam jaringan Komputer, Bandwidth sering digunakan sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate yaitu jumlah data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam detik).
Jenis Bandwidth ini biasanya diukur dalam bps (bits per second). Adakalanya juga dinyatakan dalam Bps (bytes per second). Suatu modem yang bekerja pada 57,600 bps mempunyai Bandwidth dua kali lebih besar dari modem yang bekerja pada 28,800 bps. Secara umum, koneksi dengan Bandwidth yang besar/tinggi memungkinkan pengiriman informasi yang besar seperti pengiriman gambar/images dalam video presentation.

Jenis-jenis Bandwidth


1. Digital bandwidth


Digital bandwidth adalah jumlah atau volume data yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi dalam satuan bits per second tanpa distorsi.
Digital bandwidth

2. Analog bandwidth

Analog bandwidth adalah perbedaan antara frekuensi terendah dengan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) atau siklus per detik, yang menentukan berapa banyak informasi yang bisa ditransimisikan dalam satu saat.
Analog Bandwidth

Perhatikan contoh berikut:
1. Sebuah Sekolah Menengah Kejuruan memiliki jaringan komputer yang terdiri dari 4 ruang laboratorium dan masing-masing ruangan terdiri dari 20 komputer. Komputer yang terhubung digunakan untuk browsing (tidak digunakan untuk download). Hitung kebutuhan bandwidth secara ideal!
Jawab:
Analisis kebutuhan bandwidth:
a. Penggunaan internet di sekolah banyak digunakan untuk layanan web atau browsing. Layanan web membutuhkan bandwidth minimal 128 kbps.
b. Laboratorium komputer 4 ruangan, masing-masing 20 komputer. Total komputeer adalah 20 x 4 =     80 komputer.
c. Kebutuhan bandwidth adalah 128 kbps x 80 = 10.240 kbps.

Catatan: Kebutuhan 128 kbps adalah gambaran umum untuk layanan akses web atau browsing Jadi, untuk melakukan analisis di line yang menggunakan layanan lainnya harus melakukan analisis mendalam pada akses bandwidth layanan yang digunakan.

2. Sebuah perusahaan toko online mempunyai 9 karyawan yang terdiri dari (customer service 2 orang, kasir 2 orang, online marketing 2 orang, packing 2 orang, dan manajer 1 orang). Beberapa bandwidth yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut?
Jawab:
Analisis kebutuhan bandwidth:
a. Semua karyawan membutuhkan koneksi internet dengan layanan web, kecuali bagian packing.
b. Jumlah komputer adalah 7 buah (2 komputer untuk customer service, 2 komputer untuk kasir, 2 komputer untuk marketing, dan 1 komputer untuk manajer).
c. Jika semua komputer digunakan untuk akses web, maka masing-masing komputer membutuhkan bandwidth sebesar 128 kbps, maka perhitungannya adalah 7 x 128 kbps = 896 kbps.

Saran untuk contoh permasalahan 2:
1. Bandwidth yang dibutukan sebesar 896 kbps. Sebagian besar provider internet tidak menyediakan layanan dengan bandwidth sebesar 896 kbps. Biasanya ISP menawarkan bandwidth internet sebesar 384 kbps, 512 kbps, 1.024 kbps, dan seterusnya.
2. Kebutuhan bandwidth 896 Kbps. Perusahaan dapat berlangganan internet pada ISP seperti Telkom dengan layanan speedy dengan bandwidth 512 kbps sebanyak 2 line atau 1 Mbps sebanyak 1 line.
3. Untuk mengantisipasi koneksi terputus, sebaiknya perusahaan berlangganan koneksi internet pada dua ISP yang berbeda. Berlangganan pada Telkom dengan produknya Speedy bandwidth sebesar 512 kbps dan berlangganan koneksi pada ISP lain sebesar kbps.
4. Saran nomor 3 lebih baik dari pada berlangganan bandwidth Speedy pada Telkom sebesar 512 kbps sebanyak 2 line.

Oke, mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum wr. wb.


Komentar