Teknologi ditengah wabah Corona atau COVID-19


Di tengah mewabahnya virus Corona atau COVID-19 banyak sekali teknologi yang dibutuhkan salah satunya di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Bukan tanpa sebab melainkan karena fenomena tersebut mengakibatkan kita tidak dapat menjalankan berbagai macam kegiatan yang mengharuskan kita untuk keluar rumah dan berinteraksi dengan banyak orang seperti bersekolah, kerja, dan lain-lain. Lantas teknologi apa yang dibutuhkan ? sebenarnya sudah banyak teknologi yang dapat kita gunakan di tengah mewabahnya virus Corona atau COVID-19 ini, contohnya :

1. Sekolah online

Teknologi yang sangat bermanfaat terutama dalam rangka menjalankan proses kegiatan belajar mengajar. Teknologi tersebut memungkinkan Guru dan Siswa melakukan proses kegiatan belajar mengajar tanpa harus pergi ke sekolah. Teknologi tersebut dapat kita akses di rumah menggunakan smartphone yang kita miliki melalui aplikasi yang mendukung kegiatan tersebut seperti Google Classroom, Rumah Belajar, dan lain-lain.

2. Media sosial

Teknologi yang sudah sering digunakan ini sangat berguna di tengah mewabahnya virus Corona atau COVID-19. Dengan teknologi tersebut kita dapat berinteraksi dengan orang lain tanpa harus bertemu langsung dengan orang tersebut. Hal tersebut sangat berguna dalam proses kegiatan belajar mengajar maupun bekerja dikarenakan selain digunakan sebagai alat komunikasi, teknologi tersebut juga dapat berguna ketika kita hendak mengirimkan tugas sekolah, tugas kantor, dan lain-lain. Bahkan dengan adanya fitur panggilan video atau video call secara berkelompok atau grup kita dapat melakukan pertemuan (meeting) secara online. Teknologi tersebut dapat kita akses di rumah menggunakan smartphone yang kita miliki melalui aplikasi yang mendukung kegiatan tersebut seperti Whatsapp, BBM, dan lain-lain.

Sebenarnya masih banyak teknologi yang kita butuhkan selain dari yang saya sebutkan di atas contohnya adalah perangkat atau aplikasi yang dapat mendeteksi apakah seseorang terinfeksi suatu virus atau penyakit lainnya dan tentunya dapat memberikan kita informasi bagaimana cara menanganinya. Tentu saja jika ada, maka perangkat atau aplikasi tersebut akan sangat berguna. Bukan hanya pada saat mewabahnya Virus Corona atau Covid-19, melainkan pada kondisi apapun. Saya berharap dengan adanya kecerdasan buatan (artificial inteligent / AI) hal tersebut dapat terwujud di kemudian hari.

Komentar